19 Desa di Kota Batu Berstatus Desa Mandiri

IMG 20221017 100638 compress65
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar.(asi)

Kota Batu – Berdasarkan hasil pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) 19 Desa di Kota Batu berhasil menjadi desa mandiri.

Atas capaian ini Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada kepala desa se-Kota Batu. Tak hanya itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko juga mendapatkan penghargaan lencana bakti desa utama. Spesialnya penghargaan itu diterima saat Hari Jadi ke 21 Kota Batu, Senin (17/10/2022).

Bacaan Lainnya

“Pada level wali kota, beliau adalah satu-satunya seluruh Indonesia yang desanya sudah mandiri semua. Selain mendapat piagam penghargaan, 19 desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu itu juga diberikan lencana yang disematkan pada baju dinas kepala desa sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya membangun desa,” ujarnya.

Harapannya bisa memicu kepada desa-desa lain sekaligus memberikan informasi kepada warga bahwa desanya sudah mandiri, karena lencana dipakai untuk atributisasi kepala desa yang berhasil dan dipakai setiap hari.

“Selain menjadi satu-satunya Kota yang seluruh desanya telah berstatus mandiri, di Kota Batu juga terdapat tiga desa yang masuk 10 besar ranking tertinggi berdasar hasil penilaian IDM Kemendes PDTT,” bebernya.

Tiga desa yang dimaksud yaitu Desa Sidomulyo dan Oro-oro Ombo di Kecamatan Batu, serta Desa Punten di Kecamatan Bumiaji. Pasalnya, ada beberapa kategori lencana yang diberikan Kemendes PDTT kepada pemerintah daerah sesuai kategori desa.

“Antara lain Lencana Bakti Desa Pertama diberikan kepada kepala daerah yang tidak ada desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal. Selanjutnya Lencana Bakti Desa Madya diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berstatus Maju dan Mandiri. Kemudian, Lencana Bakti Desa Utama diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berarti Mandiri,” urainya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sangat berterimakasih kepada Mendes PDTT setelah memberikan penghargaan. Harapannya bisa melecut semangat untuk lebih giat lagi dalam membangun desa.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Menteri, tentunya capaian ini melengkapi capaian prestasi yang telah diraih oleh Kota Wisata Batu,” tutupnya. (asi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *