Hari Jadi ke 21, Dewanti-Punjul Berikan Kado 18 Program Sukses

IMG 20221017 WA0049
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso serta pejabat lain meresmikan Mall Pelayanan Publik di Balaikota Among Tani. (Diskominfo Kota Batu)

Kota Batu – Ada 18 program prioritas yang mampu diselesaikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dalam RPJMD Kota Batu 2017-2022.

Dewanti menyampaikan beberapa program prioritas yang berhasil mereka selesaikan menjelang masa jabatannya berakhir. Pembangunan fisik yang berkaitan langsung dengan masyarakat diutamakan oleh keduanya.

Bacaan Lainnya

“Total ada 18 program prioritas yang mampu kami diselesaikan dalam RPJMD Kota Batu 2017-2022. Beberapa program prioritas yang ditargetkan selesai di sisa tahun ini diantaranya pembangunan Cold Storage, SMPN 7, Mall Pelayanan Publik (MPP), tempat Uji KIR dan dua pembangunan jalan tembus,” ujar Dewanti usai memimpin Upacara Hari Jadi Kota Batu, Senin (17/10/2022).

Kemudian program yang telah berjalan diantaranya pembangunan SMPN 7, Mall Pelayanan Publik (MPP), tempat Uji KIR, dua pembangunan lanjutan jalan tembus Sisir-Pandanrejo dan jalan tembus Sisir-Temas. Serta proyek besar Pembangunan Pasar Induk Among Tani Batu yang menggunakan APBN.

Diketahui untuk beberapa proyek DPKP tengah berjalan seperti pembangunan Tempat Uji KIR senilai 4,5 miliar dan pembangunan SMPN 7 senilai Rp 5,9 miliar. Kemudian untuk lanjutan jalan tembus Sisir-Pandanrejo Rp 3 miliar dan jalan tembus Sisir-Temas Rp 1,9 miliar.

“Dari program yang sedang berjalan seperti pembangunan fisik seperti SMPN 7 Junrejo karema memang di wilayah Kecamatan Junrejo belum memiliki SMP negeri. Harapannya ada pemerataan pendidikan bagi siswa di Kecamatan Junrejo,” bebernya.

Sedangkan untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batu pihaknya memastikan telah selesai dan akan dilaunching di HUT Kota Batu tanggal 17 Oktober. Tujuannya untuk mempercepat pelayanan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Totalnya ada 21 pelayanan. Secara berkelanjutan pelayanan akan terus ditambahkan.

“Kemudian tempat Uji KIR untuk menambah pemasukan PAD yang memiliki potensi besar. Kami pastikan akhir tahun ini bisa selesai dan tahun depan melengkapi kebutuhan sarpras sehingga bisa segera beroperasi serta memudahkan supir angkot dan kendaraan barang di Kota Batu untuk uji KIR,” ungkap BuDe sapaan akrabnya.

Selanjutnya untuk mendukung laju pertumbuhan ekonomi melalui DPUPR juga telah melajukan pembangunan infrastruktur jalan tembus Sisir – Temas – Pandanrejo sebagai pendukung konektifitas antar wilayah. Saat ini tengah berproses dan dipastikan selesai akhir tahun.

“Dengan adanya dukungan infrastuktur jalan tembus tersebut diharapkan semua sektor, khususnya sektor pariwisata (desa wisata dan wisata buatan) bisa kembali bergairah. Mengingat sektor wisata dan hiburan sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Juga lewat peningkatan infrastruktur terjadi pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi bagi warga,” tegasnya.

Kemudian untuk program prioritas lainnya yang telah selesai dilaksanakan selama RPJMD 2017-2022 diantaranya pembangunan pasar sayur tahap II, pembangunan rumah packaging bagi pelaku UMKM, revitalisasi tanaman apel, pengembangan desa citra wisata mandiri di 24 desa/kelurahan.

Selanjutnya untuk jalan tembus meliputi jalan tembus paralayang-gunung banyak, jalan tembus Sisir-Pandanrejo-Sisir, jalan tembus paralayang-Brau Gunungsari, pelestarian DAS Brantas hulu, pelestarian kawasan dan perlindungan mata air, satu desa/kelurahan satu TPST 3R.

Serta revitalisasi TPA Tlekung dengan belanja mesin pirolisis untuk pengelolaan sampah, rehab ex Balai Kelurahan Dadaprejo, pembangunan hanggar tahap II dan juga pembangunan gedung perpustakaan daerah yang ada di Jalan Kartini Kota Batu.

“Dari berbagai program prioritas untuk masyarakat yang telah selesai dan berjalan tersebut kami berharap akan mampu mendukung pemulihan ekonomi di Kota Batu pasca pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020. Sehingga tema besar HUT ke 21 Kota Batu, yakni ‘Kota Batu Bangkit dan Berjaya’ mampu menjadi momentum untuk bangkit, baik dari sektor kesehatan, pariwisata, UMKM, pertanian dan perekonomian,” tutupnya. (asi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *