Hikmah Bafaqih : Sekolah SPI Harus Dipertahankan

IMG 20211109 131758 compress29
Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Hikmah Bafaqih. (Ft : asi)

Kota Batu – Keberadaan Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) harus terus dipertahankan demi keberlangsungan pendidikan di Indonesia.

Hal itu ditegaskan oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih saat dikonfirmasi, Rabu (21/9/2022).

Bacaan Lainnya

Politisi PKB itu berpesan agar masyarakat tidak memukul rata kasus kekerasan seksual yang menimpa pendiri SPI yakni Julianto Eka Putra.

“SPI harus dipertahankan, saya juga sudah bersepakat dengan anggota dewan lainnya untuk menyelamatkan sekolahnya. Jangan sampai sekolah SPI dicabut izin operasionalnya,” ujarnya.

Terlebih SPI merupakan salah satu sekolah penggerak yang dinobatkan oleh Kemendikbudristek karena memiliki beberapa kelebihan.

“Masyarakat terlalu me-generalisasi seakan seluruh pihak dari sekolah salah, respon terbaik adalah dengan menunjukkan bahwa hal itu tidak benar, saya pikir lambat laun sorotan masyarakat akan reda, sorotan jangan ke SPI-nya tapi ke JE (Julianto Eka) saja,” ujar Hikmah.

Selain itu pihaknya meminta Dinas Pendidikan Jawa Timur melakukan kajian terhadap sekolah SPI sebagai prasyarat bahwa tidak perlu dilakukan pencabutan izin. Hasilnya, adanya rekomendasi terkait orang-orang yang ditunjuk sebagai pengawas lebih dari satu orang.

“Ini sebagai upaya mitigasi dari risiko yang ada karena para siswa di sekolah tersebut jauh dari orangtuanya. Sekolah itu murid-muridnya dari luar daerah dan warga tidak mampu, sehingga pengawasan sangat penting,” tutur Hikmah.

Kedua terkait kejelasan capaian dari kompetensi akademik siswa. Menurutnya meskipun sekolah SPI memiliki kegiatan pembelajaran vokasi tetapi harus diseimbangkan dengan target capaian dari standarisasi kompetensi akademik.

“Enggak apa-apa sebenarnya dengan banyak vokasi dengan meningkatkan softskill itu bagus banget, cuma standarisasi target dari capaian kompetensi untuk pelajaran yang ada tetap harus,” tutupnya. (asi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.