Hakim Vonis JEP 12 Tahun Penjara

IMG 20220907 0951331662532079615
Suasana sidang di Ruangan Cakra Pengadilan Negeri Kelas IA Kota Malang. (asi)

Kota Malang – Terdakwa kekerasan seksual di Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu yaitu Julianto Eka Putra (JEP) akhirnya diputus 12 tahun penjara subsider Rp 300 juta.

Vonis tersebut disampaikan Hakim Ketua, Harlina Reyes saat sidang yang berlangsung mulai pukul 10.00-12.44 Wib di Ruang Sidang Cakra, Pengadilan Negeri Kelas IA Kota Malang, Rabu (7/9/2022).

Bacaan Lainnya

Menanggapi itu Kuasa hukum JEP, Hotma Sitompul mengatakan sangat menghormati apa yang diputuskan majelis hakim. Tapi terdakwa masih memiliki hak untuk melakukan banding.

“Terdakwa masih memiliki hak banding. Setelah majelis hakim membacakan putusan, klien saya memastikan dan langsung menyatakan banding. Sehingga putusan itu tidak memiliki kekuatan hukum,” tegas Hotma.

Alasan kuasa hukum banding salah satunya yaitu adanya 10 keterangan saksi terdakwa yang dikesampingkan, namun 2 saksi dari pelapor malah dipertimbangkan oleh majelis hakim.

“Padahal semua saksi itu menyampaikan keterangannya dibawah sumpah. Itu salah satu alasan kita banding, untuk alasan lain rasanya kurang tepat bila saya sampaikan di sini,” ujarnya.

Kemudian, JPU Kejari Kota Batu, Yogi Sudarsono mengatakan masih berfikir apakah menerima atau melakukan banding.

“Kita JPU masih pikir-pikir dulu,” singkat pria yang juga menjadi Kasi Pidum Kejari Batu ini

Perlu diketahui sidang kali merupakan sidang ke 28. Koh Jul sapaan terdakwa hadir secara virtual dalam sidang. Ia dijerat UU nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak. Selain itu majelis hakim juga memberikan denda kepada terdakwa sebesar Rp 300 juta subsider 3 bulan penjara.

Selain itu terdakwa diharuskan membayar restitusi Rp 44 juta dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang Restitusi paling lama 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa atau kurungan selama 1 (satu) tahun. (asi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.