September BLT Bakal Disalurkan, Pemkot Siapkan 10 Miliar untuk Back Up

IMG 20220906 161541 011662455817844
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. (asi)

Kota Batu – Masyarakat Kota Batu bakal mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada pekan awal September 2022. Hal itu dipastikan setelah adanya kenaikan harga BBM bersubsidi.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan bila pemkot belum memiliki data siapa saja warganya yang akan mendapat BLT karena data penyaluran BLT BBM dari pusat.

Bacaan Lainnya

“Tapi jika merunut dari data Kemensos dari bantuan sebelumnya, ada sekitar 8.900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Batu. Kita juga mengkover dana bantuan kepada masyarakat di luar KPM, dana yany kita siapkan sekitar Rp 10 miliar dari APBD yang diberikan kepada sekitar 16 ribu KK di Kota Batu,” tegasnya, Selasa (6/9/2022).

Dana tersebut diambil dari 2 persen dari prosentase Dana Transfer Umum (DTU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Agar tahapan cepat, Pemkot Batu sedang berkoodinasi dengan Kemensos untuk melihat siapa saja KPM yang akan menerima BLT BBM dari pusat.

“Jika sudah, baru nanti kita yang kover bantuan bagi yang belum dapat. Pencairannya akan disalurkan lewat Kantor Pos. Pembagian BLT akan dilakukan di 24 desa yang ada di Kota Batu bersama dengan pihak terkait,” paparnya.

Terpisah, Sekertaris Dinas Sosial Kota Batu, Adiek Imam Santoso menguraikan jika dirinya sedang menunggu informasi dari pusat terkait data KPM tersebut.

“Secepatnya ada kabar, 2-3 hari lah. Intinya pendistribusiannya nanti di masing-masing kantor desa atau kelurahan,” ujar Dedek sapaanya. (asi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.