Berkas Perkara Rampung Kasus Tipikor SMAN 3 Batu Segera Disidangkan

20201106082830 normal
Ilustrasi.

BATU HITS, BATU – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kota Batu pastikan berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan lahan SMAN 3 Kota Batu rampung atau P-21.

Kepala Seksi Intelejen Kejari Batu, Edy Sutomo mengatakan, setelah berkas dinyatakan lengkap selanjutnya jaksa penyidik Kejari Batu segera menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang bukti kepada JPU.

Bacaan Lainnya

“Selanjutnya JPU akan mempersiapkan administrasi pelimpahan perkara tersebut ke Pengadilan Tipikor Surabaya,” jelasnya, Jumat (7/1/2022).

Tambah Edy, dalam proses pengadaan tanah untuk pembangunan SMAN 3 Batu tahun 2014 bersumber dari APBD Kota Batu Tahun 2014 sebesar Rp 9 milyar tersebut dalam pelaksanaannya diduga banyak penyimpangan yang melanggar berbagai ketentuan hukum sehingga terjadi mark up atau penggelembungan harga.

“Sehingga kasus tersebut membuat negara merugi hingga Rp 4,080 miliar sesuai perhitungan tim appraisal dan MAPPI. Bahkan 2 tersangka yaitu ES dan NIS juga sudah ditahan,” paparnya.

Perlu diketahui, ES alias Edi Setiawan dan NIS Nanang Istiawan ditangkap karena memiliki peran hingga merugikan keuangan negara.

ES selaku mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menjadi tim perencanaan dan pengadaan lahan atau PPTK. Lalu NIS dari pihak swasta yang pada saat itu berlaku sebagai konsultan studi kelayakan.

Setelah perencanaan muncul, ES memberi tahu kepada NIS agar membeli lahan seluas 8.152 meter persegi dari warga setempat yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Kemudian usai dimiliki, NIS langsung berkoordinasi dengan ES agar lahan dibeli oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Disepakati harga beli lahan berubah drastis menjadi Rp 8,8 miliar.

Dari situlah letak perbuatan melawan hukumnya. Atas perbuatannya kedua tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 UU Tipikor dengan pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara. (asi/j)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.