Semakin Cantik, Jalan KH Agus Salim Bakal Jadi Ajang Ekspresi Seni

IMG 20220104 WA0028 01 compress96
Jalan KH Agus Salim yang bakal menjadi ruang ekspresi seperti di Malioboro, Yogyakarta. (Ft : asi)

BATU HITS, BATU – Kondisi Jalan KH Agus Salim nampak semakin cantik, lebar, dan tertata rapi. Harapannya dari pembangunan ini konsentrasi keramaian yang biasa terpusat di Alun-alun Kota Batu bisa terpecah.

Pasalnya area tersebut bakal menjadi ajang ekspresi seni seperti yang ada di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Para pejalan kaki juga bisa menikmatinya, begitu juga difabel netra sebab ada guiding block atau penunjuk arah.

Bacaan Lainnya

“Jadi beberapa fasilitas yang kami bangun sudah mempertimbangkan kenyamanan bagi warga difabel, anak dan lansia. Kami harapkan trotoar ini bisa dinikmati pejalan kaki,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat, Selasa (4/1/2022).

PUPR Kota Batu berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan untuk menata pedagang atau PKL. Selain itu, juga berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk ketertiban di lokasi.

“Trotoar ini dibangun untuk melayani para pejalan kaki. Oleh sebab itu, tidak diperbolehkan kendaraan melintas lewat trotoar. Para PKL juga diharapkan tidak membuka dagangannya di trotoar. Kalau soal penertiban di Satpol PP. Kami memiliki tugas membangun,” paparnya.

Di lokasi, jalanan juga baru saja diaspal. Dinas Perhubungan Batu juga telah memasang tanda tempat parkir dan tarifnya.

Alfi mengajak, terutama masyarakat Kelurahan Sisir agar turut serta menjaga trotoar. Ia bahkan berharap anak-anak muda Kelurahan Teman bisa memanfaatkan trotoar untuk ajang berekspresi.

“Jadi anggota Karang Taruna Kelurahan Sisir nanti bisa memanfaatkan trotoar ini. Sekaligus menjaga bersama,” harapnya.

Secara teknis, lebar trotoar saat ini 4.6 meter dari yang semula 1.5 meter. Panjang trotoar sebelah kanan setelah dibangung tetap yakni 133 meter. Pun panjang kiri, yakni 174 meter.

Selain di KH Agus Salim, PUPR Batu juga membangun di Jalan Sudiro, trotoar akan diperlebar yang semula 1,3 meter menjadi 1,5 meter. Di kedua trotoar ini juga ada penutup manhole yang memiliki motif khas Kota Batu. (asi/j)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.